Arena Digital Studio

multimedia solution

Photoshop : Mengubah wajah menjadi karakter anime / manga

sandra dewi foto anime

Hei hei hei, kali ini saya mau bagi-bagi tutorial, gmn caranya ngerubah
foto seseorang jadi berwajah anime atau manga gitu. Gampang koq caranya, dan bakal saya jelasin sedetail-detailnya.
Yang penting kita tahu intinya bahwa kalau wajah anime itu ciri-cirinya mata belo, dagu runcing, hidung sama mulut kecil. Nah, sekarang tinggal bikin aja deh obyek foto kita punya wajah yang sama kayak karakter anime itu.
ok, untuk contohnya saya pakai fotonya mbak sandra dewi yang ca’em itu loh

(hehe, ijin pakai fotonya yah mbak sandra, saya jangan dituntut :D )

1. Buka dong gambar foto pujaan hati saya si mbak sandra dewi yang cakep banget itu.
2. Abis itu tekan tombol M untuk memilih Marquee tool, trus seleksi area hidung mbak sandra dewi yang mancung dan mungil itu, hehe
3. Tekan CTRL + C trus CTRL + V biar bisa dikopi dan disalin gambar hidung mungil mbak sandra itu,
nah sekarang pasti ada layer baru yang namanya “layer 1″ isinya salinan dari hidung mungil mbak sandra dewi
4. Trus pindahin dulu area kerja kita ke layer “background”, abis itu lakukan hal yang sama (Seleksi, kopi, dan salin) pada daerah mulut mbak sandra.
udah belum ?? kalo udah harusnya ada layer baru yang namanya “layer 2″ yang isinya hasil salinan dari mulut mbak sandra dewi kita tercinta.
(sampai sini, hidden layer 1 dan layer 2 biar gak ganggu kerja kita)

5. Nah, pindahin area kerja kita ke layer “background” lagi. Trus pilih menu Filter >> Liquify.
6. Pilih Forward warp tool atau bisa juga tekan tombol W untuk memilihnya, trus atur pilihannya kayak gambar disamping ini.
7. Abis itu, kita tarik deh bentuk dagu mbak sandra dewi biar agak meruncing sedikit biar mirip sama karakter-karakter di anime atau manga.
8. Udah gitu, sekarang kita buat belo matanya mbak Sandra dewi, caranya pilih Bloat Tools atau bisa juga tekan B untuk memilih tool tersebut. Atur pilihannya seperti gambar disamping.
9. Nah sekarang arahin ke matanya mbak Sandra dewi trus klik beberapa kali. Abis itu pilih lagi Forward warp tool trus tarik lagi matanya mbak Sandra dewi biar agak kebawah jadi kayak gambar disamping ini.

10. Nah, sekarang kita pilih dodge tool untuk mutihin mukanya mbak Sandra dewi (walaupun sebenernya udah cukup putih) biar kelihatan kayak muka boneka, trus sapukan diatas wajah mbak Sandra dewi sampai kelihatan cukup putih seputih muka Barbie.. hehe, oh iya kalo mau, badannya sekalian juga gak apa-apa malah lebih bagus jadi kelihatan kayak anime beneran.
11. Sekarang kita pindahin area kerja ke “layer 1” dimana ada gambar salinan dari hidung mbak Sandra, activate layernya yang tadinya di-hidden jadi kelihatan, nah abis itu pilih edit >> Free transform atau bisa memilihnya dengan menekan CTRL + T. Abis itu kita kecilin sedikit ukuran hidung mbak Sandra dewi.
12. Trus kita ke “Layer 2” dimana ada gambar salinan mulut mungil mbak Sandra, hehe abis itu kita lakukan hal yang sama persis, bener-bener sama persis cuma mau ngecilin ukuran hidung mbak sandra. Kalo udah harusnya gambarnya kayak gambar disamping.
(nah sampai sini pasti ada bagian yang kurang enak kan ?? tuh di bagian hidung sama mulut ada gambar dari mulutnya yang masih belum kita kecilin ??) Pergi ke masing-masing layer (mulut dan hidung) untuk menghilangkan area selain area hidung dan mulut. Dihapus bagian tersebut dengan tool eraser.
13.Setelah itu, samakan warna kulit wajah dengan warna kulit hidung, dengan menggunakan Dodge tool.

14. untuk menghilangkan background dari mulut dan hidung mbak Sandra dewi yang dulu, kita pindah ke area kerja layer “Background” trus pilih Healing brush tool, pilih daerah wajah yang putih trus tekan ALT + Klik di daerah tersebut, hal ini berguna untuk mengkopi daerah tersebut untuk menutupi bagian mulut dan hidung yang terdahulu.
15. abis itu tinggal sapukan di daerah yang mau kita perbaiki. Untuk memperhalus bisa digunakan juga Blur tool, supaya hasilnya lebih maksimal.
(sampai sini udah lumayan bagus kan hasilnya ?? sekarang kalo mau ditambahin make up kita bisa tambahin make up deh, kan biasanya karakter anime pipinya kemerahan gitu kan ??)
16. klik icon “create new layer” untuk membuat layer baru. Maka akan tercipta layer baru yang namanya “layer 3” kan ??
17. Pilih Brush tool ganti warnanya jadi warna pink, trus sapukan diatas pipi mbak Sandra.
18. Trus pilih menu Filter >> Blur >> Gaussian blur dan atur radius = 10.0 pixels. Lalu hasil tampilannya foto mbak Sandra harusnya jadi makin merona kayak gambar disamping.
19. Nah yang terakhir (fyuuh finnaly..) tinggal kita ubah opacity “layer 3” menjadi 45%.
20. Selesai deh.. gimana gampang kan ?? kayak biasa kalau ada yang susah atau gimana, langsung Tanya aja yah ??

Silahkan dicoba!

oleh : sangdedi
Sumber : http://klikbelajar.com



var addthis_pub=”arenadigitalstudio”;
Bookmark and Share

About these ads

06/06/2009 - Posted by | Tutorial

1 Komentar »

  1. hmmm kok jadi kurang balance antara wajah n badan.. harusnya badannya di anime kan juga hehe tapi sipp kok :D

    Komentar oleh SonGokou | 20/06/2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: